Jumat, 03 Agustus 2012

SPESIFIKASI TEKNIS BIOP2000Z + PHOSMIT + FERRESOIL

1. Merek Dagang Pupuk  : Pupuk Hayati BIO P 2000 Z
2. Nomer Izin Deptan RI    : L 204/HAYATI/PPI/V/2008
3. Nama Produsen            : PT. ALAM LESTARI MAJU INDONESIA
4. International Patent       : PCT / ID 01/ 00003
5. National Patent              : ID 0 000 438 S,ID 0016722,ID P028100; P20000368, P20000367.
6. Rekor Muri No               : 1220/R.MURI/VIII/2004 Kedelai Tertinggi 3,8 Meter & 2300polong
                                              Anugerah Kalyana Kretya Utama Tahun 2004
                                              Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Bidang Pangan Th 2009
Bentuk Formulasi :
Cairan suspensi sel mikroba dan media carier  berkonsentrasi tinggi, dalam media  air langsung membentuk dispersi berwarna coklat susu gelap dan bila di fermentasikan berubah menjadi putih dan keruh menimbulkan gas segar serta di dinding media akan terdapat lapisan keputihan yang kelamaan akan berubah menjadi agak kekuningan lalu kehitaman (gelap), tidak berbahaya bagi hewan.
Keadaan dan sifat fisik kimia dan biologi formulasi :
a.Warna                     : Coklat tanah (Kemerahan)
            b.Kekentalan / Jenis: Encer / “not Restricted”
            c.Ketahanan simpan: 12bulan sampai 36 bulan.
            d.pH                            : 4,5 - 6.5 (tidak korosif di dalam kemasan)
            e.Kadar Unsur Pupuk (Laboratorium) :
- Unsur Hara terkandung :
N= 2.71-9.5%; P= 1.95- 5%; K= 2 -6 (4,5%); Mg= 0.04-0.3%; Co= 0,2-0,5%; Fe= 0.02-0.2%;
Zn= 6-20ppm; Mn=15-35ppm, S= 0.5-2.06%; Ca= 0.2-1.02 %, B= 0,01-0,05%; Cl = 0,2-1,2dll.
- Kandungan Mutu Mikrobiologi (laboratorium) :
Azotobacter sp, Azospirillum, Bacillus sp, Lactobacillus sp, Rhizobium sp, Heterotrop, Saccharomyces, Sereviceae, Cianobacterium sp, Pseudomonas, dan Ectomycetes, Aspergillus pinicilianum, Aspergillus niger dan yeast dengan kepadatan sel masing-masing jenis strain n x10 2’8

f.Komposisi Pupuk pada Label Kemasan (sesuai paten no ID0000438S) :
- Bio Agent                : 15 % - 45 %
- Bahan Baku Aktif  : 8 % - 12 %
- Bio Plus                   : 35 % - 65 %
Bentuk & kemasan  : Cair  dan 1Liter

PUPUK ORGANIK “PHOSMIT” (Pupuk organic cair multiguna)
Ijin Deptan: L 504/ORGANIK/DEPTAN-PPI/III/2010; Paten : IDM000176423
Bio PHOSMIT adalah pupuk organik cair yang mengandung Agen Hayati (Bio) dan diperkaya Traceelement, Vitamin, Bioenzim berbentuk cairan berwarna hitam kecoklatan yang dibuat dari kombinasi beberapa jenis sumber bahan organik dan nutrisi trace element dari proses fermentasi dan bioaktivator untuk kesuburan tanah yang mudah diaplikasikan serta mudah diserap oleh semua bagian tanaman dengan cara disemprotkan atau disiramkan pada bagian daun, batang dan akar. Bio PHOSMIT mengandung unsur hara esensial dan unsur hara sekunder organic (pestisida nabati) serta mineral lengkap dan berimbang yang sangat diperlukan tanaman sebagai pengatur tumbuh tanaman dan melindungi terhadap serangan hama. Bio PHOSMIT berfungsi sebagai penguat pupuk mikroba Bio P2000Z, sehingga aplikasi menghasilkan  fermentasi untuk menghasilkan bio aktif lebih banyak dan bersinergi dalam memacu pertumbuhan tanaman. Bio PHOSMIT setelah diaplikasi dengan pupuk mikroba Bio P 2000 Z, akan memperbanyak mikroba dan meningkatkan kegiatan mikroorganisme tanah (mikroba) sebagai bio fabrikasi hara yang memperkaya ketersediaan unsur hara, hormon dan enzim nutrisi lengkap dari dalam tanah sehingga meningkatkan kesuburan tanah.

Bio PHOSMIT memiliki Keunggulan :
- Telah terbukti meningkatkan hasil produksi tanaman 30%-50%.
- Tanaman tumbuh subur, berdaun lebat, ranting dan batang lebih kokoh, buah lebih banyak dan besar,serta tanaman lebih tahan terhadap serangan penyakit.
- Mudah diaplikasi serta mudah diserap oleh tanaman secara slow release sehingga ketersediaan unsur hara terdistribusi secara merata untuk kurun waktu tanam.
- Ketersediaan unsur hara yang cukup dan berimbang yang menjamin kelangsungan pertumbuhan.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pupuk anorganik lebih hemat 30%-50%.
- Dapat mempertahankan pH tanah ideal, dan dapat meningkatkan kemampuan tanah dalam mengikat air dan serta mempertahankan kelembaban tanah.
- Mempercepat terurainya residu pestisida dan pupuk kimia sehingga menjadi hara plus bagi tanaman
Pupuk Organik Cair ( PHOSMIT) merupakan hasil salah satu pupuk yang berbentuk cair yang berisikan unsur hara organic. Proses pembuatan pupuk organic cair ini bermacam-macam, mulai dari proses sederhana sampai pada proses ilmiah. Hal yang yang perlu dipersyaratkan dalam pupuk organic cair adalah kandungan unsur N,P,K dan unsur-unsur hara lain yang berperan dalam penyediaan unsur hara tanaman, selain unsur hara, maka pupuk organic cair berisikan mikroba yang mempunyai sifat fiksasi nitrogen dan pelarut phospat. Keunggulan dari pupuk ”Phosmit” terletak dari bahan yang dibuat dan proses pembuatannya. Keunggulan pada bahan digunakan yaitu pada bahan asli yang berasal dari hewan, tumbuh-tumbuhan dan terutama yang mengandung unsur makro dan mikro bagi tanaman. Namun demikian tanpa adanya proses yang tepat bahan tersebut tidak menghasilkan unsur hara yang optimal.
Pada ”Phosmit” dilakukan proses peramuan dan proses fermentasi, sehingga ramuan yang tepat tersebut diproses secara fermentasi oleh mikroba khusus membentuk partikel-partikel organik yang mudah diserap tanaman.Pada proses fermentasi tersebut akan terbentuk enzym-enzym yang berperan pada pertumbuhan tanaman secara optimal.
N (organik)=4,3%-15,56%; P2O5=1.47%; K2O=1,4%; Fe = 176ppm; Zn=5ppm; Mn= 10ppm; Cu= 7ppm; Co= 0.1ppm; B=13 ppm
Ketahanan internal dan eksternal terhadap hama dan penyakit.
1) Ketahanan internal
diperoleh karena pupuk Bio P2000Z dilengkapi dengan unsur hara mikro yang dapat digunakan tanaman. Disamping itu, pertumbuhan yang cepat oleh pengaruh pupuk tersebut, memberikan kemampuan tanaman dari kerusakan hama. sebagai senyawa yang bersifat imun terhadap hama dan penyakit
2) Ketahanan eksternal diperoleh dari suplemen/Pupuk Organik Cair yang digunakan sebagai pencampur pupuk hayati Bio P2000Z. Suplemen yang disebut dengan PHOSMIT selain materi suplemen pencampur pupuk, unsur hara juga dilengkapi dengan pestisida hayati, yaitu pestisida yang dibuat dari rempah-rempah. Suplemen/POC ( PHOSMIT ) yang digunakan sebagai pencampur pupuk hayati Bio P 2000 Z.

FERRE SOIL NPK ORGANIK + MIKROBA BIO P 2000Z
SOIL SELF MANAGEMENT ( MEMBUAT KAYA DILAHAN SENDIRI )
 
Ijin Deptan no : 12.01.2012.129.
Diproduksi : PT. NUSA BERKAT ALAM
BOULEVARD GADING BARAT BLOK LC 6/53 KELAPA GADING PERMAI JAKARTA 14240 INDONESIA.
FERRE SOIL adalah pupuk organik “ Slow Release” yang kaya nutrisi lengkap dan diperkaya dengan mikroba unggul penyubur diformulasikan dengan bahan organic hasil fermentasi yang kaya protein, C-Organik, N-Organik, Mn, Zn,Cu, B, Co, asam amino, senyawa phenol dan ester, asam organic ( humic acid ), enzim dan hormone yang meningkatkan pertumbuhan, kekebalan dan anti stress serta mampu mengembalikan kesuburan tanah. Kandungan FEREE SOIL :
N: 3,0%. P2O5: 6,3%. S: 3,0 %. MgO: 4,0 %. C Organik :17%. Humat: 4 % K20: 4.0%. Fe: 9247 ppm. Ca: 24%. Mn:1401 ppm. Cu: 218 ppm. Zn: 577 ppm
PLUS mikroba penyubur:
Tricoderma=7,0 x 10 3, Mycorhiza=7,7 x 10 4, Azotobacter sp. =7,0 x 10 3, Bacillus  sp. =7,7 x 10 4
Brady rhizobium sp.= 6,1 x 10 3,   Azospirillum  sp.= 4,6 x 10 3          
PLUS hormon pertumbuhan organik: Phytase, Auxin, Giberellin, Cytokinin, Fitoalexin
FERRE SOIL merupakan pupuk NPK Organik dari hasil teknologi paten international “bioperforasi” yang telah terbukti keunggulannya dalam mengatasi permasalahan produksi yang tidak maksimal karena tersumbatnya distribusi hara pada tanaman, keracunan tanah akibat penggunaan pupuk kimiadan pestisida yang berlebihan, defisiensi hara, pemadatan tanah karena miskin bahan organik dan mikro biota tanah yang menjadikan tanah asam dan kehilangan kemampuan untuk menyimpan air. Dengan FERRE SOIL pupuk organik yang mengandung paket mikroba penyubur khusus lengkap dengan nutrisi yang siap membantudan dipekerjakanuntuk membuat lahan anda kaya unsur hara yang cocok ditanami segala jenis tanaman dengan hasil produksi yang melimpah. 
KEUNGGULAN FERRE SOIL :
1.   Meningkatkan mutu dan hasil panen tanaman baik berupa biji, buah, umbi, daun dan batang, proses fotosintesis berlangsung secara efektif sehingga hasil panen lebih berbobot, lebih banyak dan kaya nutrisi.
2.    Mempercepat pertumbuhan akar, Cabang batang dan daun secara berimbang sehingga tanaman tampak subur dan sehat serta kokoh.
3.    Meningkatkan daya tahan tanaman terhadapserangan hama dan penyakit serta stress lingkungan (kekeringan).
4.    Mengembalikan kesuburan tanah yang telah rusak seperti tanah pertanian yang padat dan asam akibat pemakaian pupuk kimia secara terus menerus dan berlebihan tanah asam mampu dinetralkan kembali.
5.    Menambah dan memperbanyak mikro biota penyubur tanah yang memiliki kemampuan menghasilkan bahan organik dan hara secara alami.
6.    Memaksimalkan penyerapan pupuk yang diberikan kepada tanaman sehingga efisien dalam penggunaan pupuk dan hemat dalam pembiayaan karena pupuk ferre soil memiliki sifat slow release.
Dosis pemakaian 1-3 sendok makan/pot pada tanaman hias 100kg-300kg/ha pada tanaman komoditas :
1. Ditugal , pupuk dimasukan 5-10cm jarak dari tanaman ke dalam lubang yang ditugal ( tanaman pangan )
2. Ditanam , pupuk ditanam dalam parit piringan lubang parit 20cm ( tanaman perkebunan )
3. Ditabur , tabur merata disawah / bedengan dalam kondisi tanah lembab basah macak-macak ( berair ) seperti padi, bawang merah
4. Disiram , larutkan 1kg dalam 20-50liter dan ditambahkan 100gram gula pasir dan 1-3 liter urine sapi aduk rata dan tutup rapat diamkan semalam, siap dipakai dengan  cara penyiraman atau dikucurkan.

 TANAMAN PANGAN dan HORTIKULTURA
PADI, GANDUM
Ferresoil ( Kg/Ha )
1MST
100
4MST
150
6MST
75
Bawang Merah Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
200
16HST
300
30HST
200
JAGUNG,SHORGUM Ferresoil ( Kg/Ha )
1MST
100
3MST
200
5MST
100
Cabe Merah Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
500
42HST
300
50HST
150
KEDELAI, KACANG TANAH Ferresoil Kg/Ha
2MST
75
4MST
150
5MST
50
Tomat , Paprika Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
300
40HST
200
50HST
150
Semangka, Melon
Ferresoil ( Kg/Ha )
25HST
150
35HST
150
45HST
150
Kentang,Wortel Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
300
16HST
400
-
Edaname, Buncis Ferresoil ( Kg/Ha )
12HST
100
28HST
200
35HST
75
Kacang Panjang Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
50
112HST
100
30HST
100
Timun, Blewah Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
300
12HST
100
25HST
100
Oyong , Pare Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
150
16MST
100
30HST
100
BAYAM, KANGKUNG
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
300
14HST
100
-
TEMBAKAU Ferresoil ( Kg/Ha )
10HST
200
25HST
200
-
NANAS, BUAH NAGA
Ferresoil ( Kg/Ha )
1bln
200
2bln
200
6bln
300
SAWI, SELADA, Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
300
14HST
100
-

TANAMAN PERKEBUNAN / BUAH-BUAHAN
KELAPA SAWIT / JATI
Ferresoil ( Kg/Ha )
1Th
200
2Th
200
3Th
300
>5Th
450
>10Th
500

JERUK, BELIMBING
Ferresoil ( Kg/Ha )
3bln
300
6bln
150
12bln
150
<4th span="">
400
<5th span="">
500

KAKAO, KOPI, LADA
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
50
4bln
50
8bln
100
<3th span="">
200
<5th span="">
500

RAMBUTAN,MANGGA
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
200
4bln
200
8bln
300
<3th span="">
400
<5th span="">
500

DURIAN, ALPUKAT
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
200
6bln
200
12bln
300
<3th span="">
400

JAMBU AIR / GUAVA
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
200
4bln
150
8bln
300
<3th span="">
300

KLENGKENG, DUKU
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
200
6bln
200
12bln
300
<3th span="">
400

KAPAS, ROSELA
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
100
21HST
250
40HST
250

TEBU
Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
300
14HST
100
38HST
200

Jahe, Laos, Kunyit Ferresoil ( Kg/Ha )
P.Dasar
200
45HST
100
90HST
200














Mikroba Google VS Mikroba Tunggal (MOL / EM4) apa bedanya ?

Mikroba Google adalah Hydro Cloning berbagai jenis mikroba yang berfungsi sebagai pelacak potensi kandungan mineral tanah dan air yang tersembunyi sebagai bioaktivator sehingga diharapkan mampu untuk mengkondisikan kesuburan tanah secara alami. Kemampuan lainnya adalah menetralisir racun dalam tanaman serta membangkitkan gen yang tertidur dalam sebuah tanaman. Nama mikroba google digunakan karena fungsinya seperti mesin pencari pada layanan Google. Yang menemukan mikroba google ini adalah Ir Ali Zum Mashar MSi. Ali merupakan penerima Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa 2009 dari Pemerintah atas temuan mikroba google yang diberi nama BioP2000Z. Produk mikroba google ini diformulasikan dari 18 mutan mikroba unggul dan telah diproduksi secara massal dalam bentuk pupuk cair hayati. Mikroba google juga telah menyandang hak paten internasional
Mikroba google adalah solusi untuk mereklamasi lahan kritis, mereklamasi lahan bekas tambang, termasuk untuk mengembalikan daratan akibat tumpukan lumpur Lapindo Porong Sidoarjo, dan Pasca Abu Vulkanik di Jawa Timur “Dengan menggunakan mikroba tersebut, lumpur Lapindo dan Pasca Abu Vulkanik saya jamin bisa ditumbuhi tanaman dan bisa ditanami lagi dalam tempo satu tahun dengan perlakuan mikroba itu ” jelas Ali Zum Mashar.

Reklamasi lahan yang terkena lumpur Lapindo dan Pasca Abu Vulkanik tidak efektif dengan tanaman biasa karena tanahnya mengandung unsur-unsur logam yang bersifat racun untuk tanaman, juga kecilnya partikel lumpur sehingga tanah tidak memiliki pori-pori. Namun setelah penggunaan mikroba google maka akan terjadi perubahan.
Pengalaman menunjukkan hasil dari penggunaan mikroba ini di lahan normal terbukti mampu meningkatkan hasil produksi padi hingga dua kali lipat dan kedelai hingga tiga kali lipat. Mikroba dari beberapa kali percobaanya dan kemudian dikembangkan, di kloning dengan jenis mikroba lain pada akhirnya menemukan mikroba google. 

VS 

Mikroba Tunggal Penyubur Tanah (MOL / EM4).
Pemerintah Jepang telah melarang EM-4 karena melepaskan air dan tidak mengikat unsur hara organik.
bakteri pengurai atau degradator yang mempercepat penguraian bahan organik menjadi senyawa dan unsur sederhana sehingga mempercepat habisnya bahan organik dan harus kita menambah dan menambah terus bahan organik ke tanah supaya tetap subur. seperti cara MOL (Mikro Organisme Lokal) itu membiakkan bakteri lokal yang ada dengan starter pancingan bahan organik yang mengandung gula seperti dari bauh-buahan yang dibusukkan sehingga juga kaya ragi alami sebagai pengurainya.
sedangkan EM 4 itu justru pengurai Kuat bahan organik apa saja yang sebaiknya digunakan untuk ekstraksi bahan herbal untuk mendapatkan bahan aktifnya, kalau digunakan di tanah seperti penyiraman seperti pupuk maka akan cepat menghabiskan bahan organik yang subur di tanah itu.

Em4 berisi 90% mikroba lactobacilus sp, mikroba ini termasuk mikroba degradator kuat atau disebut sebagai pengurai bahan organik kuat atau dalam juga bisa disebut komposer kuat,em4 ditemukan oleh Teruo Higa peneliti jepang, dimana untuk membuat kompos dijepang butuh waktu yang relatif lama hingga 4 - 8 bulan, Teruo Higa menemukan teknologi em untuk mempercepat proses dekomposer
di untuk digunakan oleh para petani jepang agar bisa lebih cepat dalam membuat pupuk kompos, lambat laun produk ini masuk ke indonesia dan dijual di toko toko pupuk dan bibit, lambat laun juga para petani dan para pengaya pupuk organik indonesia berlomba membuat em4 danmemasarkannya dengan tentunya harga yang bersaing, 20 ribu untuk 1liter dibilang murah dan terjangkau untuk petani, tapi sayang seribu sayang pemahaman em4 ternyata banyak yang belum mengerti sehingga
penggunaannya  jadi salah kaprah dan cenderung tidak beraturan, em4 adalah komposter murni, artinya digunakan hanya sebagai composer pada waktu merubah residu organik menjadi kompos,dalam proses
komposisasi itu tentntunya diperlukan o2 sebagai bahan tambahannya,terus apakah ada masalah?
masalah akan timbul ketika proses komposer diadakan dilahan yang sedang aktif, misal disawah yang sudah ditanami padi, dimana masalahnya?????
jika dilakukan dilahan yang aktif maka yang akan terjadi adalah pengambilan unsur 02 di dalam tanah dekat tumbuhan yang sedang dibudidaya, proses kompos ini akan menimbulkan panas yang bisa mencapai 60 derajat celcius, dan membutuhkan O2, bayangkan jika terjadi dekat akar tanaman budidaya, mereka akan pengap dan stress, kalau tidak kuat mungkin mati ...
lalu bagaimana seharusnya????
sebaiknya proses kompos itu dilakukan diluar lahan aktif agar tidak mengganggu tanaman inti, baru setelah menjadi pupuk kompos dipindahkan ke lahan yang aktif, jika em4 dijadikan sebagai POC yang diguyur langsung ke pohon itu adalah sebuah kesalahan dan buang buang biaya dan sekali lagi em4 bukan pupuk hayati tapi merupakan komposer aktif

Apakah BIOP2000Z itu sama / sejenis dengan EM-4 /MOL ?

Berkebalikan  prinsip kerjanya .... Em4 itu untuk dekomposer (superdergradator / pengurai kuat, sedangkan mikroba google itu searching dan biosintesis banteria (pembangun bahan organik /super biosintesis) bakteri yang membuat bahan mikro organik seperti  fotosintesis tanaman.
Yang namannya dekomposer kuat penggunaannya harus hati2 dan tepat sebab bila disiramkan di tanah atau sekitar tanaman maka bahan organic dalam tanah akan diuraikan sampai habis...memang tanaman tanpa ditambah pupuk seketika itu langsung tampak subur bisa ambil semua hara hasil penguraian bahan organik di tanah itu, TETAPI setelah habis bahan organiknya maka tanah menjadi sakit tidak subur dan akan tergantung pupuk kimia. Pada penanaman musim berikutnya tanaman tidak subur lagi tanpa pemupukan yang lebih banyak.
Banyak keluhan petani yang menggunakan EM4 dengan salah kaprah terutama di dataran tinggi yang petani harus menjaga betul ketersediaan bahan organik tanah, akibatnya setelah dipakai untuk
pengocoran dan penyemprotan di tanah mereka mengeluh tanahnya menjadi keras dan tidak subur lagi...ya saya lihat dan saya jawab karena bahan organiknya habis sehingga tanah tidak bisa menyimpan air dan banyak bakteri tanah yang berguna ikut mati kehabisan makanan.

Ibarat Membangun sebuah bangunan Mikroba adalah Tenaga kerjanya, pupuk kimia dan organik adalah bahan materialnya. 
- bila bahan bangunannya lengkap tapi tenaga kerja kurang, cepat kah membangun bangunannya ? 
Lama, karena tenaga kerjanya seadanya.
- bila ga da bahan bangunannya tapi tenaga kerjanya banyak cepat kah membangun bangunannya ? 
Lama, karena buat dulu bahan materialnya.
- bila bahan bangunannya lengkap dan tenaga kerjanya hanya bisa mengerjakan 1bidang, dengan tenaga kerja yang serba bisa, cepat mana selesai bangunannya?
Jelas yang cepat selesai bangunannya yang memiliki bahan material dan tenaga kerja yang serba bisa.  Siapa Tenaga kerja yang serba bisa itu ? 
itulah Mikroba Google ( BIOP2000Z ).

Dari Perbedaan Mikroba saja sudah berbeda antara Mikroba Google dengan Mikroba Tunggal. 
Bila tanahnya perlu 18 jenis macam mikroba seperti dilahan Gambut, Gurun, Pasir, Gimana ? 
Mikroba Tunggal perlu banyak produk berbagai jenis mikroba, sedangkan Mikroba Google dengan Teknologi Perforasi / Hydrocloning, Mikroba Google akan berubah bentuk dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan Mikroba di Lahan Gambut, Gurun, Pasir, Ex Tambang, Pasca Abu Vulkanik, Air Limbah, Sanitasi kandang, Pakan Ternak dll. 
Proses Pabrikasinya Gimana ? 
Biop2000z berstandar International dengan invest pabrik sebesar 52M, apakah bisa disamakan dengan kelas UKM yang Modalnya antara 1M-5M ? 
Sebagai konsumen yang cerdas jelas pilih yang kualitasnya tidak diragukan lagi dan multifungsi untuk probiotik Ternak dan perikanan yang sudah teruji dan terbukti oleh LIPI.
kenapa Biop2000z ga da di toko2 pertanian ?
stok kami selalu habis di kontrak oleh perusahaan swasta Lokal dan di Export. 
karena kami menghindari pemalsuan Produk BioP2000z oleh distributor terulang kembali dan untuk menjaga Kualitas serta Hak Kekayaan Intelektual / Paten Produk.
Gimana mendapatkan BioP2000z dan menjadi Agennya ?
Hubungi kontak person dibawah ini untuk cek apakah ada mitra / konsumen terdekat dengan pemesan yang sudah order ke pabrik Langsung. setiap Mitra / konsumen yang Langsung order ke Pabrik itulah Agen di wilayahnya.

RAHASIA UNIK TEKNOLOGI BIO P2000Z (Tanaman, Peternakan, Perikanan)

MENGAPA  BIO P2000Z  DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN
DAN PRODUKSI TANAMAN ?

  1. Mikroba di dalamnya adalah agent  pekerja pembuat pupuk alami  yang hidup terus dan berkelanjutan “Bio Fabrikasi” selagi syarat lingkungan ada seperti: cahaya, air, gas (nitrogen karbon, sulfur dll), mineral ionik dalam air alam, senyawa terlarut dan bahan organik tanah. Bahan tersebut dirangkai oleh mikroba yang komplek dan sinergistik sehingga timbul ketersediaan hara lengkap, energi dan keseimbangan mikro ekologis antara tanaman dan mikroba dimana hubungan  timbal baliknya  saling menguntungkan.  Hal ini pula yang membuat tanah dan mikroba endogenus nutfah murni lokal bersama mikrobiota dari Bio P 2000 Z menjadi ramah terhadap kelestarian lingkungan  dan sekaligus pengendali racun dan anasir penghambat tumbuh kembang tanaman dalam tanah.
  2. Teknik dan proses Bio perforasi yang digerakkan segenap energi cadangan dari luar tanaman akibat sekeresi mikroba bio P 2000 Z  menggerakkan masuknya unsur dan senyawa serta zat ionik lebih cepat mencapai sasaran inti tumbuh kembang sel sehingga terjadi hiperaktif  metabolisme yang diikuti  perubahan tumbuh kembang yang melebihi normalnya tetapi tidak merubah konstelasi genetik internal tanaman.
  3. Pada hakekatnya menggerakkan semua fungsi kehidupan yang ideal baik pada tanaman itu sendiri maupun kehidupan lain dalam tanah dan mikro-ekologis tempat dimana Bio P 2000 Z di taburkan.
 NUTRITIOUS EQUILIBRIUM OF BIO PERFORATION TECHNOLGY II

APLIKASI  BIO P 2000 Z PADA BUDIDAYA TAMBAK/IKAN
MENGAPA BIO P2000Z DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN 
DAN PRODUKSI TERNAK dan IKAN ?
 
  1. Mikroba yang terkandung dalam Bio P 2000 Z tidak membahayakan bagi hewan dan tidak menghasilkan senyawa racun yang membahayakan bagi hewan, karena sebagian mikroba tersebut memang telah ada dalam tubuh pencernaan hewan bahkan membantu pencernaan.
  2. Bio P 2000 Z adalah berisi nutrisi yang memiliki  kualitas tinggi baik berupa sel tunggal protein mikroba (sebagai Single Cell  Protein) maupun nutrisi organik hasil sekresi komplek  mikroba yang memiliki kandungan gizi tinggi. Padatan populasi sel dalam setiap ml  Bio P 2000 Z  terdapat 5 milyar sel mikroba yang kaya akan asam amino siap serap. Artinya dari kandungan protein sel saja   Cairan Bio P2000Z  memiliki konsentrasi Gizi tinggi untuk hewan.Dalam pencernaan  berperan mengatur kesetimbangan fisiologis yang menguntungkan  hewan serta mengendalikan patogen berbahaya oleh zat anti biotik yang dihasilkan mikroba.
  3. Mudah dibiakkan dalam media organik seperti pakan ternak  yang akan menyederhanakan senyawa komplek makanan menjadi lebih sederhana untuk diserap oleh  pencernaan hewan  sehingga pertumbuhan normal ternak optimal.  Hasil fermentasi mikroba Bio P 2000 Z  dihasilkan  senyawa organik sederhana seperti alkohol, enzim dan hormon serta senyawa lainnya  yang penting  sebagai  zat pemacu pertumbuhan paling aman.
  4. Pada pemanfaatan di hijauan baik dalam kondisi segar maupun “silase” jelas akan meningkatkan kandungan gizi pakan sehingga lebih berkualitas. Perbanyakan sel tunggal  mikroba dengan  cara fermentasi dihasilkan pelipat gandaan protein sel tunggal dari Bio P2000Z..

PRODUK-PRODUK  KHUSUS TURUNAN BIO P 2000 Z

1. AQUA CO ENZIM (BIO P2000Z EKSTRAK)

Sifat keutamaannya
-Tidak mengandung unsur kimia, dipastikan lebih aman
-Sangat baik untuk budidaya udang secara intensif
-Mengandung bakteri dalam jumlah besar (>5 * 10 8 cfu/g)
-Mengandung beberapa enzym (protease, lipase, amylase hemicellulase, dll)
-Menguatkan ketahanan hidup, memudahkan menjadi spesies dominan
-Dipastikan memperbaiki kwalitas 100 %
-Mudah berekasksi, dan dipakai pada kondisi aerobik maupun an aerobik

Kegunaan
-Menguraikan lumpur sisa gizi dan racun
-Menstabilkan air agar tetap berkualitas
-Mencegah peruraian lapisan dasar yang menghasilkan racun air
-Menurunkan BOD dan COD, Amonia gas, NO–  dan sebagainya
-Memfermentasi  Penggemuk organik  baik yang berasal dari makanan, bekatul dan sebagainya.
-Mencegah penggelembungan dasar kolam dan pengapungan lumpur dasar (dari plankton yang mati)
-Mencegah  peledakan  alga khususnya alga biru-merah.
-Menekan perkembangan alga filamentus dan benthos besar.
-Menetralisir dan menekan polusi (pencemaran)
-Mendukung pertumbuhan dan produksi udang.
-Menekan perkembangan  penyakit ikan
-Memperbaiki aroma dan rasa air ikan.

Cara penggunaan
a. Menstabilkan  air tambak dan  mencegah  penyakit 3-5 hari sebelum penaburan benih konsentrasi 0,5 ppm, 2 hari setelah  pengobatan kimia air ; dosis 0,5 ppm
Aplikasi umur  40, 70, 90, dan 110 hari atau 35, 60, 80, 95 dan 110 hari; dosis 0,5 – 1,0 ppm.
b. Untuk memfermentasi pakan atau bahan organik;  dosis yang digunakan: 1-2gr   per 1kg bahan (dalam fermentasi cepat 5 – 8 jam) 1ppm = 1g/m3 = 1mg/L = 1μg/mL, 1 ppm = 1 mg/kg = 1 mg/1,000,000 mg

2.  BIO P2000Z TAMBAK;  
Sifat  Utamanya meningkatkan kesehatan, populasi dan pertumbuhan/produksi ikan serta memperbaiki kualitas air.

Kegunaan Untuk Tanah dasar tambak :
- Menstabilkan tanah dasar tambak, meningkatkan pH secara alami (mikrobiologis) meningkatkan kesuburan fisik, kimia dan biologiyang berimbang dan berkelanjutan
- “Bio Fabrikasi hara” secara mikrobiologis yang memperkaya  ketersediaan unsur hara/nutrisi lengkap dan berimbang dalam tanah, bermanfaat bagi pertumbuhan plankton makanan ikan.
- Mempercepat terurainya  residu pupuk kimia, residu racun akibat kotoran ikan, sisa pakan yang mengendap dan lumpur  yang menghasilkan racun dan gas beracun menjadinetral dan bermanfaat serta  tersediabagi  pertumbuhan  plankton
-  Meredam/menetralkan anasir penghambat dalam tanah baik dari logam beracun, alkali, lagam/gas tereduksi beracun yang menggangu pertumbuhan tanaman
- Mendukung kehidupan ekologis bersinergi  dengan mikroba berguna indogenus penyubur tanah dan air kolam, Sangat baik untuk menekan mikroba penyakit ikan.

Untuk Kualitas Air  Tambak ;

-Menstabilkan air agar tetap berkualitas dan nyaman bagi ikan.
-Menurunkan BOD dan COD, Amonia gas, NO–  dan racun gas lainnya.
-Menurunkan penggelembungan dasar kolam dan pengapungan lumpur dasar (dari plankton yang mati dan membusuk)
-Menetralisir dan menekan polusi (pencemaran air) dari larutan logam alkali tinggi seperti  zat besi, timbal, Alumunium, raksa dan sebagainya logam beracun
-Menyediakan nutrisi siap pakai  bagi plankton berguna sehingga mendukung pertumbuhan dan produksi udang serta ikan budidaya.
-Menekan perkembangan  penyakit ikan  dalam air tambak sehingga sehat bagi ikan.
-Memperbaiki warna air (jernih/kehijau kekuningan) sehingga sehat bagi ikan/udang.

PETUNJUK dan Cara Pemakaian  Bio P 2000 Z :

-Keringkan lahan dan olah tanah (dioksidasi) dan berikan pemupukan Ferre Soil  50 – 100 kg per 1000 m2 dan pupuk kandang  5 – 10 karung pupuk kandang.
-Sebelum Pengisian air  (saat pengeringan tambak bersamaan pengolahan tanah dan pemberian pupuk dasar dan pupuk  kandang berimbang):  3 – 5 hari sebelum pengisian air dengan cara  menyemprot ratakan dasar kolam dengan cara fermentasi 2 hari Bio P 2000 Z (pengenceran 100 kali biang).  Hal ini berguna untuk menetralkan racun, menyeimbangkan  mikroekologis dasar kolam dan mendorong pertumbuhan plankton pakan ikan yang lebih banyak.
-Saat pengisian kolam untuk penumbuhan plankton dasar (tinggi air 10cm-20cm) dengan Bio P2000Z 0,5-2ppm  (sebelumnya difermentasikan dulu).
-Persiapan Penaburan Benih:   3 – 5 hari sebelum penaburan dengan dosis 0,1- 0,2 ppm
-Aplikasi rutin dapat diulangi pada 40, 60, 85, 95 dan 110 hari; dosis 0,1 – 0,5 ppm.
-Dapat dipakai untuk memfermentasi pakan dengan dosis 0,5-1 ml per kg dengan cara fermentasi cara cepat.
Untuk tambak  yang kualitas airnya selalu berubah-ubah (dari air laut langsung) sebelum dimasukkan tambak budidaya gunakan air tandon dari laut yang ditampung dulu ditreatment dengan Bio P 2000Z selama 5 – 7 hari baru dimasukkan ke dalam kolam/tambak.
Teknik budidaya yang menggunakan Bio P2000Z  secara paripurna (sejak pengolahan dasartambak, water treatment sampai pemberian pakannya memberikan hasil yang signifikan dan memuaskan pada populasi ikan yang lebih banyak. Ikan tambak yang dapat ditingkatkan kualitasnya antara lain: Udang, Bandeng, Bawal, Kerapu Lumpur, Kerapu Karang.

HASIL DI ATAS TELAH TERUJI DILABORATORIUM DAN DI LAPANGAN/PETANI TAMBAK ! III

BUDIDAYA  TERNAK  DENGAN  TEKNOLOGI BIO P 2000 Z

Usaha peternakan yang memiliki produktivitas tinggi  tidakterlepas dari kualitas makanan yang diberikan dan  memejemen tatalaksana yang tepat dan cocok bagi ternak seperti: sanitasi kandang, pencegahan dan pengobatan hama dan penyakit, pencegahan kehilangan energi melalui pembatasan gerak  dan mencegah ternak mengalami stress. Untuk meningkatkan kualitas gizi makanan dan membantu memperbaiki pencernaan pada ternak teknologi mikroba (probiotik) pakan terus dikembangkan. 
Disamping itu, mikroba yang menguntungkan tersebut dapat dimanfaatkan pula untuk menekan pertumbuhan pathogen, pengawetan pakan, meningkatkan nafsu makan ternak dan mendekomposisi  limbah dan sisa makanan serta kotoran ternak untuk lebih bermanfaat dan tidak mengganggu ingkungan akibat bau dan pencemar.
Bio P2000Z adalah kumpulan cultur mikroba unggul berguna pada konsentrasi tinggi yang telah disinergikan dalam keseimbangan mikro ekologis untuk membantu meningkatkan gizi bahan organik dan memekan anasir racun dan mengubahnya menjadi bahan-bahan organik yang lebih berguna bagi kehidupan.   

Tingginya kandungan  protein sel tunggal dalam Bio P 2000 Z dannilai gizi  baru yang dibangun oleh agen hayati tersebut maka dalam pengujiannya di lapangan teknologi ini telah terbukti significant dalam memacu melipatgandakan hasil pertanian, memulihkan lahan kritis yang  miskin hara, dan meningkatkan kualitas bahan organik limbah  hasil pertanian untukpakan ternak.
Kehandalan teknologi  Bio Perforasi yang dalam bentuk Produk Bio P2000Z  ini telah diakui sebagai teknologi Unggul Nasional oleh DPR RI dan memiliki paten Nasional maupun Internasional dengan nomor: PCT/ ID01/00003 dengan International Publication nomor: WO 01/83400 A2  di 110 negara.

Hasil Kajian Dr. Ir. Achsin, MSc peneliti BPPT ternyata bahwa produk teknologi ini yang diaplikasikan sebagai suplement pada pakan memberikan hasil yang positif pada ternak Sapi, domba, bebek/unggas dan produksi pupuk organik.  Disamping kesehatan ternak meningkat yangdiikuti peningkatan produktivitas daging/telur aplikasi bersama pakan limbah pertanian kering yang rendah gizi seperti jerami kering, batang kedelai kering dan limbah batang jagung dalam fermentasi 2 – 5 minggu menjadi bahan makanan ternak yang relatif berkualitas.   

Pada hijauan dapat dimanfaatkan untuk “Silase” dan pada masa budidayanya hijauan yang di aplikasi dengan Bio P2000Z memiliki  produktivitas dan kualitas pakan yang lebih tinggi dibanding  hasil budidaya tanpa teknik ini. Pertumbuhan sapi pedaging semasa penggemukan dengan penerapan teknologi ini berdasarkan informasi petani di lapangan telah mengangkat produksi daging rata-rata 1,2 – 2kg/hri/sapi demikian juga kontinyuoitas telur bebek yang diaplikasi. Kajian lebih lanjut terhadap teknologi baru ini dilakukan di LIPPI.

Tahap aplikasi teknologi Bio Perforasi untuk usaha Budidaya peternakan pada dasarnya meliputi  3 bagian yaitu:
(1) Sanitasi Kandang;
(2) Aplikasi pada Pakan;
(3) Aplikasi pada penanganan limbah dan pencegahan hama dan penyakit. 

Secara garis besar sebagai berikut:

1.     Sanitasi kandang
Disamping sanitasi yang  telah biasadilakukan untuk mengkondisikan kandangdengan  cara ini  disamping kandang  menjadi tidak berbau karena H2S, amonia ethylene/methana yang menggangu lingkungan,juga jauh menekan pathogen penyebab hama/penyakit seperti pada kuku dan kulit.

Caranya sebagai berikut:
1.   Buatlah fermentasi seperti petunjuk dengan konsentrasi  Bio P2000Z: Air  = 1 : 50 selama 48jam dengan penambahan  Gula/Tetes 1 liter(atau kg) dan Urea 1 Kg
2.  Ambil 1,5-3 liter hasil perbanyakan tersebut dan tambahkan air 10-15 liter air sebagai larutan siap semprot.
3.  Semprotkan merata pada kotoran ternak yang ada baik dilantai maupun di permukaan dinding kandang secara merata. 
4. Waktu aplikasi sebaiknya sore hari dan diulangi rutin 3 hari sekali (untuk pertama kali lakukan selama 3-5 hari berturut-turut).

2.     Aplikasi Pada Pakan  Ternak
Semua pakan yang berasal dari bahan organik pada dasarnya dapat difermentasikan dengan Bio P2000Z seperti formulasi pakanyang berasal dari dedak dan limbah hasil pertanian termasuk di dalamnya: Batang kedelai kering, batang  jagung, jerami kering dan hijauan lain termasuk rumput her mada. Rumput/hijauan jika ingin ditingkatkan kandungan nutrisinya,proses pengawetan segar (silase, penapean,dll.) dapat memanfaatkan mikroba Bio P ini untuk meningkatkan kandungan SCP(Single Cell Protein) yang diperlukan sebagai protein alternatif bagi usaha peternakan. 

Untuk lebih  jelasnya  teknik aplikasi untuk pakan ternak dapat dibagi sebagai berikut: 
(a) Proses budidaya dan menjelang panen;
(b) Proses pengawetan bahan hijauan;
(c) Proses aplikasi pada limbah pertanian kering dan;
(d) Aplikasi pada pakan formulasi dan
(e) Pada minuman ternak.

a.     Pada Budidaya Hijauan Ternak

Pada budidaya rumput ternak  teknik budidaya sama saja dengan yang  umum, hanya padafase 3 hari setelah pemupukan dasar perlu di aplikasi dengan Bio P2000Z untuk mendapatkan produktivitas yang tinggi. Demikian juga seminggu setelah pemotongan, ratoon perlu di semprot.
Pada saat 3 hari menjelang pemotogan di lahan rumput perlu disemprot dengan mikroba ini  dengan dosis 2 liter/ha(atau 400 liter hasil fermentasi) agar kandungan nutrisi saat pemotongan optimal.

Jerami baiknya jangan dibakar,solusi nya:
1. ditumpuk dilahan campur bekatul, garam, urea sedikit dan bekatul, siram BIOP2000Z fermentasi tutup terpal maka jadilah pakan sapi.
2. Kalo jeraminya kering ditambah bungkil ampas tahu, bekatul dan tepung ikan, sedikit ferresoil, urea dan gula lalu difermentasi BIOP2000Z tutup terpal sampai rapuh lalu digiling bisa untuk formulasi pakan ikan gurami, emas, nila, lele dll.
3. Jerami ditumpuk dilahan campur lapisan dedak kotoran ternak dan arang sekam tambah sedikit urea lalu disiram BIOP2000Z yang difermentasi tengah tumpukan diberikan aerasi (bambu berlubang) tutup karung goni basah agar selalu lembab setelah 3-5 minggu jadilah kompos bokashi ber mutu tinggi...
Bagaimana lebih bernilai tambah TINGGI kan????...

b.     Proses pengawetan Hijauan
Hijauanyang dapat digunakan selain rumput budidaya adalah rumput alami,kacang-kacangan, rumput hermada dan pakan alami lain sesuai ternak yang akan digemukkan. Setelah rumput/Hijauan dipotong,  maka dilakukan pencacahan  dipotong-potong 3 – 7 cm dan dilayukan kemudian disemprot dengan hasil fermentasi Bio P 2000 Z  7 – 20 liter per ton sebelum diberikan langsung pada ternak. 
Untuk pembuatan SILASE  proses diatas dilanjutkan dengan tahapan pembuatan silase standar (dalam bak fermentasi dan berlapis-lapis), hanya pada saat pencampuran/pelapisan dengan bahan kandungan protein tinggi seperti dedak dan bahan lain agar hasilnya optimal dilakukan pembasahan/pelembaban setiap ton bahan dengan Bio P 2000 Z murni 100 ml dalam larutan air 10 liter yang diberi dengan urea 100 – 200 gram dan  molase/gula 200-300 ml dan garam dapur 1sendok makan. Selanjutnya ditutup rapat (kedap udara) dan dipadatkan untuk proses fermentasi an aerobik/semi aerobik. Sebaiknya dibuat ditempat galian dalam tanah yang  lembab/ dingin agar suhu tidak cepat berubah-ubah. Setelah penyimpanan dilakukan  beberapa bulan sebelum diberikan langsung pada ternak sebaiknya dikering aginkan dulu untuk menghilangkan bau dan gas yang dapat mengganggu selera ternak. Disamping dapat diberikan dalam hijauan segar awetan  pakan ini dapat dikeringkan dan dipadatkan dalam bentuk ball-ball padatan pakan sebagai pakan awetan kering fermentasi.

c.      Proses aplikasi pada limbah pertanian pakan kering
Limbah pertanian seperti batang kacang-kacangan dan serealia pada dasarnya dapat digunakan sebagai pakan ternak. Kecepatan proses degradasi oleh fermentasi  dipengaruhi kandungan lignin dalam bahan untuk menjadi bahan pakan mudah cerna. Limbah pertanian yang kandungan lignin dan selulosa rendah seperti batang kedelai kering dengan  teknik BioPerforasi membutuhkan waktu fermentasi  7– 10 hari sedangkan yang relatif  tinggi kandungannya seperti jerami membutuhkan waktu 21 – 40 hari agar proses perubahan bahan dapat berlangsung sempurna. 
Untuk membantu proses peruraian selulosa dan lignin dapat dibantu dengan penambahan kultur jamur trichoderma saat fermentasi sehingga mendapatkan kualitas hasil fermentasi yang baik.
Cara pembuatan pakan ternak dengan limbah kering hasil pertanian sebagai berikut: 
Limbah pertanian kering yang telah di cacah dilembabkan terlebih dahulu dengan menyiramnya dengan air bersih, dan setelah kondisi lembab, setiap satu ton bahan kering gunakan 10-50 liter hasil fermentasi Bio P2000Z (1 : 100) tambahkan 20-30 liter air bersih dan tetes 0,5-1,5 liter (atau gula merah) dan urea 0.25kg- 0.75 kg  serta tablet vit B komplek = 5-10 butir dan larutkan merata.
Semprotkan dan siramkan merata sambil diaduk-aduk dengan menaburkan bekatul 25 – 50 kg per satu ton bahan kering. Selanjutnya tutup dengan karung goni basah dan dikerudungi dengan plastik terpal. Setiap hari diaduk-aduk  dan dijaga kelembaban serta suhunya agar stabil, jika kering semprot/siramkan air.  Lakukan hal ini berulang-ulang hingga warna keputih-putihan oleh jamur dan ragi terjadi merata sampai suhu bahan agak dingin sendiri/stabil. Sebelum diberikan pada ternak sebaiknya diangin-anginkan dulu.  Untuk  penyimpanan dalam bentuk ball padatan pakan kering  hasil fermentasi ini cukup dikering anginkan atau dikeringkan  dan dipress dengan mesin menjadi ball-ball pakan ternak yang sewaktu-waktu dapat digunakan.  Bahan-bahan ini dapat digunakan untuk campuran pakan formulasi  setelah ditepungkan dan dirubah menjadi pelet-pelet.

d.     Aplikasi pada pakan formulasi. 
Pakan-pakan formulasi untuk penggemukan ternak dapat berasal dari tanaman dan hewan (termasuk tulang) serta ikan (termasuk kerang dan calsium laut). Pakan yang berasal dari tanaman seperti tepung bungkil kedelai,limbah tahu basah/kering, tepung bubuk  pollard, bekatul, tepung hasil fermentasi limbah pertanian seperti kedelai dan jagung  adalah bahan-bahan yang umum untuk forrmulasi. Pada pakan formulasi/instan yang siap dipakai tersebut untuk proses fermentasi dengan  Bio P 2000 Z dapat dilakukan dengan teknik cepat saat akan diberikan pada ternak (1 – 8 jam fermentasi). 
Caranya adalah sebagai berikut:
Saat pembuatan pelet basah untuk meningkatkan  nilai gizi pakan dan memperlama pakan basah agar tidak cepat busuk sebelum dikeringkan atau diberikan pada ternak. 
Pada pakan tersebut saat pencampuran cukup  ditambahkan hasil air fermentasi Bio P 2000 Z  perbandingan (1: 100) untuk membasahi pakan.Setelah pencampuran formulasi bahan, selanjutnya di giling cetak dalam bentuk alet-palet. Diamkan 1-8 jam sebelum diberikan.
Dosis yang digunakan adalah: 100-200mili liter Bio P yang difermentasikan, hasil fermentasi diberikan 1-5  kwintal pakan. Untuk pakan-pakan yang harus di rebus seperti darah dll, campurkan hasil fermentasi ini saat finishing/forming  (dimixing saat pembentukan pakan).

Pemberian pakan langsung pada limbah tahu/tempe, tapioka yang bentuknya telah halus danbasah dapat digunakan langsung dengan mencampurkannya dengan dosis yang sama di atas. Treatment ini disamping untuk menekan kecepatan pembusukan di luar dan bau busuk juga meingkatkan kandungan gizi pakan dan  memudahkan membantu padasaat pencernaan.
Kandungan  Gizi batang kedelai  sebelum fermentasi memiliki kandungan protein 10,6 %, Lemak 2,8 %, Serat kasar  36,3 %, abu 7,6% dan Betn 42,8 %. Setelah difermentasi kandungan protein akan meningkat 100 % – 250%  sehingga  ideal untuk serat dan peningkatan protein pakan.
Jika  membuat pakan ternak/ikan dalam bentuk pelet dengan memanfaatkan bahan baku di atas (hasil fermentasi limbah kering kedelai),maka diperlukan pencacahan serat batang kedelai dan selanjutnya tepung serat tersebuat  digunakan sebagai komponen formulasi sebagai berikut:
Jagung  30 - 50 %; Bungkil kedelai/Limbah susu kedelai 15 – 20 %;  Dedak 10 %-15%;  Tepung batang kedelai (fer)  15 –30 %;  Tepung ikan/laut  5 % dan Feed Suplement 0,5%–1%.

e.      Aplikasi pada minuman ternak  (PENGARUHNYA NYATA DAN CEPAT).

Cara ini sering  dipakai pada peternak unggas seperti bebek dan ayam pedaging/petelur untuk meningkatkan produktivitas. Disamping untuk menjaga kesehatan ternak, penggunaan pada minuman akan membantu peningkatan gizi dan membantu proses pencernaan dalam perut ternak dan menekan hama/penyakit dalam saluran pencernaan akibat pH yang tidak stabil dan makanan yang berubah-ubah.
Pemberian dosis murni Bio P 2000 Z tanpa fermentasi adalah  1 – 2 ml per liter air minum. 
Sedangkan dengan cara hasil fermentasi digunakan 50 – 100 ml per liter air mimum ternak hasil fermentasi Bio P2000Z (1:100 = 1 liter Bio P 2000 Z dalam 100liter air).

f.  Pembuatan pupuk Organik kotoran ternak

1. Buat perbandingan 1:1 (kotoran ayam/pupuk kandang dengan air dan diaduk); tambahkan 15% air perasan bekatul, dan 0,6% Mineral N,P,K + 0,6% gula tebu dan 0,5% Bio P2000Z dari jumlah perbandingan di atas.

2. Fermentasikan selama 7-18hari hingga bau asli kotoran hilang, selanjutnya gunakan air saringannya untuk campuran penyemprotan/penyiraman tanaman dengan pengenceran air 10-20 kali, diaplikasikan bersama dengan hasil fermentasi Bio P 2000 Z untuk menyuburkan tanaman. Sisa kotoran/Ampas, sangat baik untuk pupuk tanaman agar tanaman cepat berbuah dan menyuburkan tanah.

LampiranTeknologi Fermentasi :

I.  CARA PEMBUATAN FERMENTASI BIO P 2000 Z  TANAMAN :

Bio P 2000 Z 1 liter
1 hand Sprayer air (15 liter)
3 – 5 sendok makan gula     +   75 –150 ml
3 – 5  sendok makan  urea / terasi    
Bio P 2000 Z + Air 200 liter + Gula tebu 1 kg + Urea 0,7 – 1,5 kg
Diingkubasi selama  48 jam di dalam drum plastik tertutup yang diletakkan di dalam ruangan gelap/teduh.

APLIKASI  :
·  Penyemprotan BIOP2000Z dilakukan pada kondisi tanah lembab (kebasahan) dan sinar matahari tidak terik.
·  Jika tanah terlalu kering maka aplikasi Bio P dilakukan dengan cara penyiraman di sekitar perakaran tanaman utama (atau pada lubang tanam).
·  Sangat baik setelah atau bersama aplikasi pupuk dasar terutama pupuk organik (pupuk kandang).
- BIO P 2000 Z disemprotkan pada seluruh bagiantanaman secara merata terutama pada jaringan yang aktif/muda.
-  BIO P 2000 Z dapat di aplikasikan bersama dengan Pestisida sesuai petunjuk; tetapi tidak dapat diaplikasikan bersama pestisida alkali dan PH sangat masam, fungisida dan bakterisida.
- BIO P 2000 Zdapat diaplikasikan dengan pupuk organic cair seperti Seprint atau Super Flora,floran  dll, yaitu dicampurkan saat akan menyemprot di tanaman
II. CARA  FERMENTASI BIO P 2000 Z  Untuk TERNAK :

Bio P 2000 Z 1 liter
Air (air kelapa)100 - 200liter
Gula tebu/tetes 1- 2kg                                                     
Urea 0,4 – 1 kg
Diinkubasi selama  12- 48 jam di dalam drum plastik tertutup diletakkan di dalam ruangan gelap/teduh.

APLIKASI:
- BIO P 2000 Z disemprotkan pada seluruh bagian tanaman/bahan pakan hijauan/limbah kering hasil pertanian secara merata terutama pada jaringan yang aktif/muda.
-  BIO P 2000 Z dapat di aplikasikan bersama dengan probiotik lain sesuai petunjuk;tetapi tidak dapat diaplikasikan bersama bahan kimia, pestisida alkali dan pH sangat masam, fungisida dan bakterisida.
-  BIO P 2000 Z dapat diaplikasikan dengan obat/jamuorganic dari tanaman bersama air minum ternak.
-  Untuk menghindari perubahan selera makan dan gangg. variasi bahan makanan yang dapat mengganggu pertumbuhan ternak sebaiknya pemberian dilakukan secara rutin dan  tepat

SYARAT FERMENTASI:
-  Alat seperti pengaduk dan wadah (drum, plastik gentong dll) harus bersih dan bahan-bahan dari kayu yang bersih. Sebaiknya dihindari pemakaian bahan darilogam.
  Bahan baku seperti air sebaiknya air yang bersih (syarat minimal air pertanian)
- Tempat fermentasi ditempat yang teduh atau di dalam tanah atau terlindung dari cahaya/sinar matahari langsung di dalam wadah yangtertutup rapat.
-  Pencampuran bahan seperti gula, urea  dilarutkan dahulu dalam air yang akan diberibiang Bio P 2000 Z baru  dilarutkan biang ke dalamnya dan diaduk rata dengan alat pengaduk yang bersih.

CIRI FISIK FERMENTASI BERHASIL/ NORMAL:
-  Timbul gas dan wadah menggelembung dan menjadi berkeringat; Timbul bau harum (aromatis) kemasaman; warna larutan keruh; jika digoncang/diaduk/dituang timbul gelembung gas kecil-kecil dari larutan;  rasa larutan agak sepet masam; terdapat lapisan keputihan baik di permukaan larutan maupun di dinding wadah fermentasi.

CIRI FISIK  FERMENTASI  YANG GAGAL :
-  Warna larutan tidak berubah (tetap jernih); Tidak berbau.
-  Jika bau menjadi busuk, berarti banyak mikroba yang mati karena: kelamaan fermentasi (> 6 hari); dicampur langsung dengan bahan  pupuk beracun atau dengan fungisida atau bakterisida atau pestisida lain; atau air yang digunakan beracun tinggi; atau wadah fermentasi tercemar bahan-bahan anti fermentasi seperti oli tinggi, zat kimia anti bakteri atau jamur.

*)  Teknologi Unggulan Nasional berdasarkankeputusan DPR-RI dan telah di patenkan secara Internasional
**)   Inventer/Penemu Teknologi Bio Perforasi; Ali Zum Muhzar


PEMBUATAN KOMPOS SEMPURNA TEKNOLOGI BIO P2000Z

      Kompos adalah pupuk organik yang penting dalam budidaya pertanian terutama di lahan kering, berpasir, pegunungan yang mudah loloskan air dan lahan marginal.
Banyak bukti bahwa budidaya pertanian yang menggunakan kompos BIO P2000Z hasilnya meningkat dan berkesinambungan (lestari) dibanding yang tanpa kompos dan dari segi ekonomi pemakaian kompos dapat menghemat pemakai pupuk buatan. Oleh karena itu kompos sangat diperlukan untuk mendukung produksi pertanian organic yang lestari. Jika dikelola dengan baik usaha produksi kompos dapat berprospek sebagai usaha yang menguntungkan untuk menambah pendapatan keluarga.

Kompos berasal dari pembusukan bahan organik seperti daun-daunan, rumput- rumputan, jerami, hijauan serasah, sampah organik kota dan kotoran ternak dan berbagai campurannya. Pada prinsipnya pembuatan kompos sangatlah mudah. Secara alami bahan di atas akan membusuk bila ditimbun begitu saja. Namun perlu waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 3 bulan s/d 1 tahun. Sebagai pengganti dan pelengkap pupuk pertanian, kompos harus ada dan tersedia dalam waktu cepat seiring dengan pengolahan tanahnya. Masalahnya sekarang adalah bagaimana mempercepat proses pengomposan sehingga dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
      Penggunaan Bioteknologi modern dengan menggunakan jasa agen mikroba Bio P2000Z merupakan harapan besar untuk mempercepat proses dekomposisi dengan kualitas hasil yang lebih baik, sehingga dapat menjamin kesuburan tanah secara lestari.Akhir pengomposan akan meningkatkan ketersediaan
N menjadi 10 kali lipat,
P menjadi 15 kali lipat dan
K menjadi 20 kali lipat.
Mikroba unggul berguna di dalamnya (dari kultur Bio P2000Z) lebih lengkap dibanding kultur lain umumnya sehingga sangat menunjang terbentuknya hara alami secara lengkap dan berimbang khususnya mikro nutrient, senyawa Bio aktif (enzim, hormon, vitamin, ZPT, dll.), senyawa intermediate (asam organic, asam humat, folat, sakarida dll) yang menunjang pertumbuhan dan kesehatan tanaman serta mikro-biota tanah yang menjadikan tanah lebih hidup (produktif) dan subur.
       Mengingat penyediaan bahan baku kompos tidaklah sulit (kotoran ternak, jerami, legume (kacang-kacangan) dan gulma serta seresah dedaunan yang telah tersedia dan melimpah di sekitar permukiman), diharapkan petani dapat membuatnya sendiri.
Pada jenis tanah dan tanaman tertentu, kompos sangat diperlukan untuk menunjang budidaya tanaman pokok, seperti pada penanganan lahan kritis, konservasi dan reclamasi lahan.

CARA PEMBUATAN KOMPOS SEMPURNA TEKNOLOGI BIO P 2000 Z
Peralatan :
1.Cangkul
2.Sabit/parang
3.Kayu papan/alas (Jawa, “Dugel”)
4.Plastik Hitam/Karung Goni
5.Ember Plastik
Bahan :
  a. Bio P2000Z
  b. Jerami/sampah/dedaunan
  c. Dedak/Kotoran ternak
  d. Sekam/abu
  e. Gula Pasir dan urea, TSP/KCl, dll.
  f. Air (secukupnya)
Garis besar bahan utama dengan proporsi bahan sebagai berikut :
Jerami,dll/organik Kotoran Ternak      : Dedak   : Sekam : Gula  : Bio P2000Z : Air
Jumlah : + 200 kg secukupnya : 5 kg      : 200 kg  : 2 ons : 200 ml         : 20 litr/secukupnya
NB: (Perbandingan jumlah / volume ini disesuaikan dengan kompos yang akan dibuat; dan kompos dapat diperkaya dengan nutrisi lain untuk tujuan budidaya tanaman tertentu khusus secara sinergi dengan mikroba Bio P2000Z)

a. Larutkan Mikroba  Bio P2000Z 100 - 200 ml dan gula 10 - 15 sendok serta 10 - 15 sendok urea  ke dalam 10 - 20 liter air (lebih baik diamkan/ Fermentasikan dulu 1 – 2 malam).
b. Jerami (rumput,daun-daun) dicacah ukuran lebih kecil (panjang 2 – 5 cm), sekam dan dedak dicampur secara merata dan lebih baik kalau ada kotoran ternak sapi atau unggas campurlah abu. Untuk memudahkan kerja dapat disusun berlapis- lapis dan tiap lapis dapat ditambahkan TSP/SP-36 dan KCl jika kompos akan langsung sebagai media tanam sekaligus sebagai pupuk nya.
c. Siramkan larutan starter di atas secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30 %, Bila bahan masih kering tambahkan air secukupnya  (Bila adonan dikepal dengan tangan, air tidak keluar dari adonan dan bila adonan dilepaskan maka adonan akan megar).
d. Adonan digundukan di atas tanah yang tinggi atau alas papan dengan ketinggian 15 - 20 cm kemudian ditutup dengan karung goni/plastik selama 3 - 4 hari.
e. Pertahankan suhu dalam timbunan tidak lebih dari 40 C jika suhu lebih dari 50 C dengan cara: bukalah karung penutup, dan gundukan dibalik-balik kemudian ditutup lagi dengan karung goni.
Catatan : Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan kerja mikroba terhambat, untuk itu lakukan pengadukan sehari dua kali (6-24 jam sekali).
f. Pada proses dan kondisi yang benar (terkontrol), setelah 4 hari Kompos Bio P2000Z telah selesai fermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk organic; cirinya warna coklat dan lebih lunak, serta tidak panas.

Penggunaan kompos ini yang ideal untuk hortikultura adalah 6 – 10 ton per hektar  atau digunakan dengan cara spot (sekitar lobang tanam saja), sehingga lebih hemat.

Soal harga pun, bisa diadu.
Harga seliter pupuk Bio P2000Z dipasaran  hanya Rp 150.000-180.000,-. Padahal, isinya setara dengan 200 kg urea (seharga Rp 900.000,-), 50 kg fosfat(Rp 200.000,-), dan setara 40 kg pupuk KCL (Rp.90.000,-). Jika merasa kemahalan, pupuk ini bisa diencerkan lagi dengan cara fermentasi selama 48 jam (dengan menambah 1 kg gula/air kelapa, 1 kg urea (bisa digantikan dengan air kencing), dan 20 liter air). hasil fermentasi tersebut bisa diencerkan menjadi 200 liter pupuk cair. Jadi, harganya memurah  menjadi sekitar  Rp. 1000/liter.  
Bila air fermentasi diganti air kelapa tua yang terbuang dipasar terkumpul 1500 liter, harganya lebih murah lagi misal harga biop2000z pangan + phosmit original 300rb / 1500liter = Rp.200,-/liter.
Untuk areal yang luas
bisa diperbanyak air fermentasi dengan dosis 1Liter BIOP2000Z : 1Liter Phosmit : 200Liter air biasa tuk 1ha,
300-400Liter air bekas rebusan kedelai pabrik Tempe tuk 1,5-2ha,
Urin ternak 1000 Liter tuk 5ha, Air kelapa tua 1500Liter tuk 7,5ha.

Pupuk Biop2000Z telah diujicoba pada berbagai macam tanaman produksi dan lahan pertanian dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, termasuk pada lahan gambut. Sebagai contoh bukti hasil pemakaian pupuk BioP2000Z, jumlah panen kedelai, yang semula 1,2 ton per ha menjadi 4,5 ton per ha dalam enam kali pemupukan dengan jeda 1 – 2 minggu.
Untuk mendapatkan kedelai tingkat raksasa seperti pada gambar, tanaman perlu dipupuk dua kali seminggu. Tiap ada tunas baru, semprotlah daun, batang, dan tanahnya dengan pupuk ini.

Pupuk Bio P200Z tercipta dari rasa prihatin melihat kondisi ekonomi petani. Akibat revolusi hijau, produksi pertanian digenjot menggunakan pupuk kimia. Pada awal panen hasilnya memang memuaskan, tetapi untuk selanjutnya petani malah merugi. Setiap musim tanam, petani harus punya modal untuk membeli bibit, pupuk, dan pestisida. Ketika panen, belum tentu petani bisa langsung tersenyum bahagia meraup untung dan menutup utang modalnya. Soalnya, harga jual hasil panen masih bias digoyang untuk menguntungkan pihak tertentu. Petani akan lebih merana lagi jika tanamannya ludes diserang hama.

Jika kondisi seperti itu berlangsung terus-menerus, petani bisa makin jatuh melarat dan kemudian menggantung paculnya, ini sangat berbahaya, Indonesia bisa krisis pangan seperti langkanya kedelai dipasaran. Salah satu kunci penyebab kemelaratan petani adalah karena ketergantungan petani dengan pupuk buatan.Takaran  penggunaan pupuk buatan ini untuk satu satuan luas perlu terus meningkat. Dari segi biaya, ini tentu menambah ongkos produksi yang memberatkan petani. Pemakaian urea yang berlangsung  terus-menerus dan bertahun-tahun jugamembuat tanah menjadi seperti plastik. Akibatnya, tanah tidak bisa bernapas danair pun tidak bisa meresap. Ini baru dampak dari urea. Belum lagi akibat pupuk lain seperti TSP dan fosfat yang membuat tanah menjadi asam. Kalau sudah begitu, akar tanaman sulit berkembang dan hidup.
Padahal sesungguhnya  tanaman bisa subur secara alami tanpa diberi pupuk kimia buatan !!!
Soal harga pun, bisa diadu.
Harga seliter pupuk Bio P2000Z dipasaran hanya Rp 150.000-180.000,-. Padahal, isinya setara dengan 200 kg urea (seharga Rp 900.000,-), 50 kg fosfat(Rp 200.000,-), dan setara 40 kg pupuk KCL (Rp.90.000,-). Jika merasa kemahalan, pupuk ini bisa diencerkan lagi dengan cara fermentasi selama 48 jam (dengan menambah 1kg gula/air kelapa, 1kg urea (bisa digantikan dengan air kencing), dan 20 liter air). hasil fermentasi tersebut bisa diencerkan menjadi 200 liter pupuk cair. Jadi, harganya memurah menjadi sekitar Rp. 1000/liter.
Bila air fermentasi diganti air kelapa tua yang terbuang dipasar terkumpul 1500 liter, harganya lebih murah lagi misal harga biop2000z pangan + phosmit original 300rb / 1500liter = Rp.200,-/liter.
Untuk areal yang luas bisa diperbanyak air fermentasi dengan dosis 
1Liter BIOP2000Z : 1Liter Phosmit : 200Liter air biasa tuk 1ha,
300-400Liter air bekas rebusan kedelai pabrik Tempe tuk 1,5-2ha,
Urin ternak 1000 Liter tuk 5ha, Air kelapa tua 1500Liter tuk 7,5ha.

Pupuk Biop2000Z telah diujicoba pada berbagai macam tanaman produksi dan lahan pertanian dalam kurun waktu lebih dari 10 tahun, termasuk pada lahan gambut. Sebagai contoh bukti hasil pemakaian pupuk BioP2000Z, jumlah panen kedelai, yang semula 1,2 ton per ha menjadi 4,5 ton per ha dalam enam kali pemupukan dengan jeda 1 – 2 minggu.
Untuk mendapatkan kedelai tingkat raksasa seperti pada gambar, tanaman perlu dipupuk dua kali seminggu. Tiap ada tunas baru, semprotlah daun, batang, dan tanahnya dengan pupuk ini.

Pupuk Bio P200Z tercipta dari rasa prihatin melihat kondisi ekonomi petani. Akibat revolusi hijau, produksi pertanian digenjot menggunakan pupuk kimia. Pada awal panen hasilnya memang memuaskan, tetapi untuk selanjutnya petani malah merugi. Setiap musim tanam, petani harus punya modal untuk membeli bibit, pupuk, dan pestisida. Ketika panen, belum tentu petani bisa langsung tersenyum bahagia meraup untung dan menutup utang modalnya. Soalnya, harga jual hasil panen masih bias digoyang untuk menguntungkan pihak tertentu. Petani akan lebih merana lagi jika tanamannya ludes diserang hama.

Jika kondisi seperti itu berlangsung terus-menerus, petani bisa makin jatuh melarat dan kemudian menggantung paculnya, ini sangat berbahaya, Indonesia bisa krisis pangan seperti langkanya kedelai dipasaran. Salah satu kunci penyebab kemelaratan petani adalah karena ketergantungan petani dengan pupuk buatan.Takaran penggunaan pupuk buatan ini untuk satu satuan luas perlu terus meningkat. Dari segi biaya, ini tentu menambah ongkos produksi yang memberatkan petani. Pemakaian urea yang berlangsung terus-menerus dan bertahun-tahun jugamembuat tanah menjadi seperti plastik. Akibatnya, tanah tidak bisa bernapas danair pun tidak bisa meresap. Ini baru dampak dari urea. Belum lagi akibat pupuk lain seperti TSP dan fosfat yang membuat tanah menjadi asam. Kalau sudah begitu, akar tanaman sulit berkembang dan hidup. Padahal sesungguhnya tanaman bisa subur secara alami tanpa diberi pupuk kimia buatan !!!

BIO P2000Z (MIKROBA GOOGLE) Awas Tiruan !!!

Dengan tegas bahwa nama Ultragen, maupun mikroba bhineka tunggal ikka itu Bahasa iklan dan produk yang menyesatkan dan karena pastilah itu bukan BIOP2000Z ataupun produk Turunan Mikroba Google dengan Hak Paten BIOP2000Z. Brosur dan Label produk BIOP2000Z asli "Tidak ada kata Ultra hayati".
Jangan tertipu dengan produk BIOP2000Z PALSU !!! !!! selain foto dan website dibawah ini : 

 
Tulisan BIOP2000Z ketebalan lebih kecil dan gambar tanaman lebih jelas, angka 5 dan 6 warna lebih cerah, dari stiker lama yang pernah dipalsukan oleh distributor / agen . Untuk menghindari Pemalsuan yang pernah kami alami oleh Distributor dan Agen kepada mitra BIO P2000Z, kami melakukan penjualan langsung kepada Mitra binaan yang terus kami monitoring perkembangan dalam pertanian, perkebunan, Peternakan dan Perikanan di seluruh Indonesia. Stok Terbatas!!!

konsultasi dan order pabrik langsung. Hub. Bimanuar
email : mikroba.biop2000z@gmail.com
( sms only ) 085378877277 / 02123650877 / 085891939377 / 08999396920
Artikel biop2000z ;
https://www.scribd.com/biop2000z/documents
http://www.facebook.com/bop2000z ,
http://biop2000z-pabrik.blogspot.com/ ,
http://biop2000z-mikrobagoogle.blogspot.com/ ,
http://mikrobagoogle-biop2000z.blogspot.com/
https://www.tokopedia.com/biop2000z

Cara fermentasi biop2000z untuk tanaman, ternak, ikan
https://www.youtube.com/watch?v=bHh3pO3-6MI

Dokumen biop2000z klik :
https://www.scribd.com/biop2000z/documents
https://www.facebook.com/biop2000z/photos/a.1375012706069858.1073741826.1375007859403676/1549869721917488/?type=1&theater
DOWNLOAD FILE Artikel+Brosur+PERIJINAN BIOP2000Z klik:
https://www.facebook.com/groups/173851086038054/files/
Cara pemakaian youtobe klik:
http://www.youtube.com/watch?v=TxPFAkgwK0A&amp%3Bnoredirect=1
Penemuan Luar Biasa dimuat di Iptek Talk TVRI :
1. http://www.youtube.com/watch?v=X2D8bcogP3M
2. http://www.youtube.com/watch?v=uizjjmhfq_Y
3. http://www.youtube.com/watch?v=A5ODLdWZGqI
Anugerah Presiden : http://www.youtube.com/watch?v=7ZQkf5-84tQ
Padi Hibrida : http://www.youtube.com/watch?v=7ZQkf5-84tQ
Hasil yang Berbeda Nyata : http://www.youtube.com/watch?v=9BNYkhOyfPU
Proyek Mikroba Google Qatar : http://www.youtube.com/watch?v=hgwJOjt7t9A
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.1401031380134657.1073741833.1375007859403676&type=3
Perbedaan pupuk kimia vs Bio P2000Z klik: http://www.youtube.com/watch?v=9BNYkhOyfPU&amp%3Bfeature=relmfu

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dear,
Mohon informasi, saya punya kebun kelapa sawit 6000 Ha (TM), Produktivitas kelapa sawit lebih kurang 24 ton tbs/tahun. Satu unit PKS yang saya bangun dengan kapasitas berapa ton/jam.
Rengat, Provinsi Riau
Dawood Dasonov